Sabtu, 19 Januari 2013

Cara Mudah Mengatasi Ponsel Blackberry Yang Menjadi Lambat


Pada saat anda sedang asik-asiknya menggunakan Blackberry, hal-hal yang tidak diinginkan mungkin saja terjadi pada anda. Blackberry anda  menjadi lambat dalam menjalankan perintah yang anda inputkan. Reaksi kesal akan timbul karena sifat dasar manusia, kurang suka dengan “barang lemot”.
Sebenarnya banyak  faktor yang mempengaruhi mengapa BB anda menjadi lambat. Namun, kebanyakan hal tersebut karena faktor penggunananya sendiri yang kurang berhati-hati dalam menggunakan Blackberry.
Mengatasi Blackberry Yang Menjadi Lambat
Mungkin karena fitur HP ini yang bisa digunakan untuk banyak hal sehingga anda tanpa terkontrol menginstall aplikasi dan memasukkan apa saja ke dalam Blackbery tanpa pernah memperdulikan kapasitas yang mampu ditampung oleh Blackberry tersebut.
Jika itu yang terjadi, biasanya BB anda bakal menjadi lambat dan mulai membuat anda kesal. Jika terjadi seperti itu, ada baiknya anda mengikuti referensi berikut ini sehingga Blackberry anda bisa sedikit bernafas lega yang tentunya bakal mempercepat kinerja dari BB tersebut:
  1. Mulai dari sekarang pilihlah aplikasi yang sangat penting untuk di install kedalam ponsel BB anda. Semakin  banyaknya aplikasi, otomatis berdampak dengan semakin lambatnya kemampuan BB anda. Apalagi bila aplikasi ini juga bekerja walaupun anda telah menutup aplikasi tersebut. Dan bayangkan jika banyak aplikasi seperti ini apa jadinya BB anda, bisa dipastikan kondisinya bisa semakin lambat.
  2. Mulai batasi BBM grup anda, lemotnya BB juga dipengaruhi oleh BBM Grup. Bayangkan bila anda ikut BBM grup sebanyak 10 lalu setiap menit ada update disetiap grup bagaimana keadaan BB anda? pastinya menjadi lemot.
    Blackberry Messenger Groups
  3. Cache menjadi masalah bukan hanya pada ponsel android, namun BB juga mempunyai masalah yang sama. Karena kegunaannya sebagai penyimpan informasi terhadap situs yang pernah dibuka supaya mudah dan cepat pada saat anda ingin buka kembali. Mulai sekarang silakan anda hapus cache secara berkala supaya BB anda tidak lemot.
  4. Gunakan  memori eksternal untuk menyimpan file yang penting. Karena ukuran dari internal memory yang cenderung lebih kecil apabila akan penuh otomatis akan lemot BB anda. Dan juga, jika menggunakan eksternal memory data anda bisa lebih fleskibel untuk dipidah karena anda juga bisa menggunakan card reader untuk memindahkan data ke perangkat lain seperti komputer, notebook, laptop dan netbook tanpa harus menggunakan Blackberry.
  5. Bersihkan email dan pesan anda yang tidak penting. Semakin banyak pesan singkat dan email yang tersimpan maka semakin besar pula BB anda beresiko lemot. Jika diperlukan, gunakan aplikasi eMail backup sebelum anda menghapus eMail.
Blackberry, sebuah Smartphone multi fungsi yang bisa anda gunakan untuk banyak hal. Tetapi, dengan fungsi yang banyak tersebut anda mungkin sering lupa dan tanpa terkontrol menginstall bergama aplikasi ke dalamnya. Hal inilah yang membuat BB anda menjadi lemot sehingga membutuhkan waktu yang banyak ketika diprintahkan melakukan sesuatu.
Jika yang terjadi seperti itu, anda baiknya anda menggunakan referensi ini sehingga kinerja Blackbery anda bisa meningkat dan semakin cepat ketika merespon perintah dari anda atau ketika menjalankan aplikasi yang lain.
Jika anda punya pengalaman lain seputar penggunaan Blackbery, jangan ragu untuk berbagi pengalaman dengan kami dengan meninggalkan komentar di bawah ini.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, terutama pengguna Blackbery yang smartphone-nya mulai melambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar